22 Juli 2015 - 09:56:49 - Read: 4404

Bahan Dasar Menjadi Web Programmer di Linux

Bagi para pengguna Windows yang baru saja ataupun baru berencana bermigrasi ke linux, pertanyaan yang paling sering muncul adalah

"Di windows caranya gini, kalo di linux caranya gimana?".

Padahal hampir semua kegiatan umum yang bisa dilakukan di Windows, bisa juga dilakukan di Linux. Sama halnya dengan judul kita hari ini. Khusus buat para web developer yang mungkin terpaksa harus beralih menggunakan linux karena faktor pekerjaan.

Di Windows, software yang biasanya digunakan oleh para web developer adalah Packed Developt Apps. Aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website di install dalam 1 paket seperti XAMPP, WAMP, PHPTriad, AppServ, dll. Walaupun sebenarnya juga bisa di install per aplikasi.

Sebenarnya di linux juga ada aplikasi paketan seperti LAMPP. Tapi karena kita sudah di ranah linux, sebaiknya biasakan melakukan instalasi software-software tersebut satu per satu. Lalu apa saja software tersebut?

1. Install - Web Server

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kita gunakan sebagai web server, antara lain Apache, Nginx, Lighttpd, dan lain-lain. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Tapi jika kita sebagai pemula, sebaiknya kita gunakan Apache, karena artikel-artikel yang bisa kita jadikan referensi untuk Apache sangatlah banyak dan mudah kita googling. Berikut cara install Apache

$ sudo apt-get install apache2

2. Install - Server Side Programming

Sekali lagi, sebagai pemula sebaiknya kita menggunakan bahasa pemrograman yang mudah didapatkan referensinya, seperti misalnya bahasa pemrograman PHP. Berikut cara install PHP:

$ sudo apt-get install php5 php5-mysql

3. Install - Database

Untuk databasenya, kita gunakan yang sederhana saja, MySQL. Berikut cara install MySQL:

$ sudo apt-get install mysql-server-5.6

4. Install - Database Manager

Jika kurang familiar mengelola database via CLI, bisa menggunakan aplikasi untuk me-manage database seperti PHPMyAdmin. Berikut cara install PHPMyAdmin:

$ sudo apt-get install phpmyadmin

Dan untuk kelanjutan konfigurasi phpmyadmin sama saja dengan di windows.

5. Setting - Root Directory

Secara default, lokasi htdocs dari apache terletak di directory "/var/www/" jika ingin memindahkan directory ini, edit saja langsung dari konfigurasi apachenya.

$ sudo nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf

Lalu cari pada baris ini

DocumentRoot /var/www

dan ubah /var/www menjadi alamat direktori "htdocs" kalian sendiri. Misalnya /home/myname/htdocs/

6. Testing - Browser

Jika semua langkah-langkah diatas sudah, berikutnya adalah testing langsung di browser. Sama saja dengan Windows. Tinggal buka saja http://localhost/ dan jika bukan muncul halaman "It works", berarti Bahan Dasar Web Programmer sudah siap digunakan untuk membuat Website. :)

Yarp. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat. Jika kurang jelas, langsung dikomentar yak :)