/ home / geek /
Title : Dilema OS, Pilih Yang Gratis, Berbayar, Bajakan, Atau Mangga Ajaib?
Released : 2016-01-19 23:32:28 -0500
Viewed : 1891

Dear euhm... pengguna?.

Pada pake Sistem Operasi apa nih? Linux? Atau Windows? Yang Ori apa Bajakan?

Sebelum kita berlanjut, mari kita sedikit membaca tentang "permisalan" yang kita buat sendiri. Entah permisalan ini sesuai atau nggak, nanti kita lihat :)

"Alkisah, seorang pria yang 16 kali dinobatkan sebagai orang terkaya di bumi dan luar angkasa bernama Sirohige memiliki kebun mangga yang luasnya 80 hektar. --ah kurang luas--, yasudah, luasnya sekitar 80,1 Hektar. Lahan seluas itu isinya hanya mangga saja. Setiap harinya, Sirohige bisa menjual mangganya dengan laba bersih mencapai 80 milliar rupiah. Anehnya, sehabis dipanen, mangga tersebut besoknya udah bisa dipanen lagi. Mangga ajaib. Saking banyaknya, kalo setiap hari ada 1 hektar kebun mangga yang busuk, tidak mengurangi kekayaan Sirohige, karena setiap harinya kekayaannya akan selalu bertambah.

Pada suatu hari, seorang penggembala Gorilla sedang beristirahat dikebun tersebut. Karena haus, penggembala itu (sebut saja Munawir), memetik sebuah mangga. Tanpa minta ijin terlebih dahulu pada pemilik kebun. Didalam pikiran Munawir, 1 hektar mangga busuk aja Sirohige gak merasa rugi, apalagi cuma Mangga 1 buah? Lalu dimakanlah mangga tersebut.Tamat. Eh, nggak. Belum.. belum tamat.

Besoknya ketika Munawir ke pasar, dilihatlah mangga milik Sirohige dipasar dijual 1 buah seharga 1 juta rupiah. Didalam pikirannya, ternyata mahal banget ini mangga. Mana kuat ane beli mangga dengan harga segini?

Ketika Munawir sedang memikirkan hal ini sambil ngunyah tulang, lalu datanglah sohib lamanya, Aris. Aris berkata kepada Munawir kalo dia haus dan pengen makan mangga. Lalu dengan baik hati Munawir menawarkan diri

"Gue bisa kase lo mangga coy, tapi cukup lo bayar gw 50 rebu aje. Itung-itung buat biaya manjat."

Berita gembira ini disebarkan Aris kepada teman-temannya. Kalo pengen makan mangga, daripada beli dipasar dengan harga sejuta, mending bayar ke Munawir cukup dengan harga 50 rebu.

Semakin hari, Munawir semakin banyak orderan mangga. Akhirnya dia membuka usaha jasa penginstallan Windows "Petik Mangga" dengan harga 50 rebu. Kian hari, usaha Munawir semakin berkembang, tidak hanya petik mangga, bahkan mangga yang sudah diinstallkan diberikan ke pelanggannya, kalo kena virus busuk, bisa dia Repair. Mangga ajaib ini memang.

Saat ini hingga artikel ini ditulis, tempat Munawir biasa memetik mangga udah tersebar ke seluruh pelosok negeri. Dan orang-orang yang sanggup memanjat sendiri pohon mangga tersebut akhirnya mengikuti jejak Munawir dengan cara membuka usaha "petik mangga" mereka masing-masing.

Pada suatu hari Sirohige mengetahui hal ini. Lalu dia membuat pagar mengelilingi kebunnya dengan maksud agar mangganya tidak bisa dipetik orang lain. Akan tetapi Munawir menemukan celah disalah satu ruas pagarnya untuk tetap bisa masuk kedalam kebun. Dan setiap kali Sirohige meng-upgrade ke pagar yang baru, Munawir selalu saja bisa menemukan celah untuk masuk kedalam kebun tersebut. Hingga suatu hari, Sirohige bekerjasama dengan beberapa ilmuwan, membuat sebuah pagar tanpa celah. Saking kerennya sampai dia menamai pagar tersebut dengan nama "Windows 10 Anti Cracking" "Pagar Anti Celah". TAMAT.

Yarp, dari sepenggal kisah sedih diatas, banyak tetangga-tetangga Munawir yang memakan mangga tersebut tidak mengetahui asal muasal mangga dari Munawir ini. Apakah membeli, atau memetik tanpa ijin?

Dan, disinilah letak dilemanya:

  • Munawir memetikkan mangga tanpa ijin tersebut dengan maksud baik agar tetangga-tetangganya tidak perlu membeli mangga tersebut dipasar dengan harga yang lebih mahal
  • Walaupun ribuan mangga yang sudah dipetik Munawir tersebut diambil tanpa ijin, tapi tetap tidak membuat Bill Gates Sirohige jatuh miskin. Malah dia tetap menjadi orang terkaya.
  • Akan tetapi kebun mangga tersebut adalah usahanya Sirohige.
  • Dan tetap saja Munawir mengambil mangga tersebut tanpa seijin yang punya usaha

Jadi jika kembali ke judul artikel, manakah yang akan kalian pilih?

  • Membeli Windows Original?
  • Tetap Menggunakan Windows Bajakan?
  • Menggunakan Linux? :) atau
  • Bodo amat, yang penting makan mangga ajaib :p

Pada akhirnya, happy ngoding teman-teman. Masa proyek halal 5 juta, setengahnya gak bisa dipake buat beli Windows Asli yang bakalan dipake seterusnya?

You decide! ^_^