18 Desember 2016 - 16:42:38 - Read: 605

Apakah CTF Akan Menjadi Mainstream?

Belakangan ini di beranda Facebook mulai rame pada ngebahas tentang CTF. Mungkin kedepannya CTF ini bakalan mainstream. Hanya saja, yang membuat CTF tetap menantang adalah setiap harinya skill kita juga harus terus update jika ingin terus exist dan survive agar terus bisa ikut meramaikan salah satu aktivitas IT high level ini.

Perhatikan saja pengguna linux saat ini yang sudah mulai mainstream. Dulu mungkin hanya expert user yang menggunakan linux, tapi sekarang saking dimudahkannya linux dengan tujuan agar cepat dikuasai oleh pengguna Windows yang ingin beralih ke linux, semua orang sudah mulai menggunakan linux. Update status "sedang menginstall Arch Linux", selfie dengan wallpaper Kali, menggunakan kaos bergambar tux, dll. Tak ada yang salah dengan menggunakan linux, karena pada dasarnya para expert user memang mengharapkan semua orang pada akhirnya akan beralih ke linux. Tapi linux sudah mulai mainstream bukan? :)

Lalu apakah CTF juga akan menjadi viral?

Melihat tingkat kesulitan dan luasnya cakupan bidang ilmu yang harus dikuasai, sepertinya CTF akan membutuhkan waktu yang lama sebelumnya akhirnya menjadi mainstream. Karena gak keren kalo update status "CTF Selesai. Akhirnya semua soal Trivia terjawab", atau posting screenshoot scoreboard dengan point 11 (1 point dari Trivia, 10 point dari Stego), apalagi pake kaos yang tulisannya "CTF Player, Easy Solver" :p

Kan? Karena yang membedakan Mobile Developer (baik Native, Hybrid, maupun Webview), Web Programmer (baik Framework, CMS, maupun Konvensional), Network Administrator (baik Admin Server maupun Admin Networking), dan End User (baik pengguna Windows, Linux, atau Mac) dengan CTF Player adalah:

CTF Player harus bisa semuanya :p

So, Kapankah CTF akan menjadi mainstream? Atau pertanyaan yang lebih spesifik,

"Apakah CTF akan menjadi mainstream?"

Sampai jumpa di IT RACE 2017 :)