Title : Codernate Release Distro Linux Baru
Released : 2015-08-16 22:05:57 -0400
Viewed : 2161

Logo Codernate Linux

Dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Zona IT Ternate merilis produk distro linux versi 2 nya dihari yang sama. Bersama TEAM CODERNATE LINUX yang terdiri dari @O_O, @jlcnate, @bifi

Apa itu Codernate Linux v2.0 "Fangare"?

Codernate Linux v2.0 Fangare adalah pengembangan atau remastering salah satu distro Linux yakni Ubuntu 14.04.3 LTS oleh Zona IT Ternate menjadi sebuah OS distro lokal yang kami beri nama Codernate dengan versi terbarunya adalah v2.0 "Fangare". Codernate Linux di desain sebagai sistem operasi full stack web developer.

Mengapa Codename Codernate Linux menggunakan kata "Fangare"?

Fangare adalah sebutan untuk dia (laki-laki) dalam bahasa Ternate. tema penamaan Codernate Linux adalah Bahasa Lokal dari Ternate

ex :

Cacarlak  = Kecoak

Dodorobe  = senjata mainan tradisional yang terbuat dari bambu dan menjadi mainan tradisional khas Maluku Utara.



Mengapa Codernate Linux v2.0 "Fangare" menggunakan versi LTS?

Alasannya adalah Ubuntu Versi LTS memiliki dukungan selama 5 tahun baik Desktop maupun Server, sedangkan untuk versi ubuntu non LTS hanya memiliki dukungan sampai 18 bulan. Tetapi hal ini bukan berarti bahwa non-LTS tidak bisa dipakai lebih dari 18 bulan hanya saja non-LTS memiliki kemampuan yang tidak stabil dibandingkan dengan versi LTS. Selain itu Ubuntu lebih mudah dimodifikasi dibandingkan Distro linux based lainnya.

Lalu apa itu LTS ?

LTS adalah merupakan singkatan dari Long Term Support (translate = dukungan Jangka panjang) yaitu Versi Ubuntu yang memiliki dukungan/support yang  lama di bandingkan dengan versi ubuntu non LTS.

Perbedaan Codernate Linux yang sekarang dengan Versi yang sebelumnya?

Perbedaan codernate linux versi sebelumnya dengan versi ini terletak pada fiturnya, karena pada 2 versi sebelumnya "Cacarlak" & "Dodorobe",  dikembangkan untuk keperluan security atau lebih tepatnya Pentesting OS. Sedangkan pada versi kali ini lebih kepada keperluan web developper.

Spesifikasi Minimum :

Prosessor Pentium 4

RAM 512 MB

Hard Disk 8 GB