29 Maret 2016 - 01:08:51 - Read: 457

Prestasi Tak Berbuah Guna

Hi hallo teman lama, lama tak menulis, lama pula tak terbaca Cafelinux ini ^_^

Lagi keasyikan dengan "Side Project" yang mendadak jadi "Main Project", trus melupakan hal yang paling penting. Kalian. Siapapun kalian yang selalu membaca tulisan dari Cafelinux. hehe

Just FYI ja, kalo ane sekarang memang lagi disibukkan dengan 2 buah "side projects" Meetzit dan aplikasi "Hug Ternate". Sampai hampir tak ada waktu lagi buat nulis. Padahal banyak banget waktu yang dipake buat apa-apa. Selain mikirin codingan. Penjelasan tentang kedua side project ini nanti sambil jalan yak. ;)

Prestasi Tak Berbuah Guna

Tajuk diatas sengaja aku jadikan tulisan pertama ini, dan terinspirasi setelah berhasil memainkan game "Candy Crush Soda" sampe tembus ke level 654. Ini prestasi teman. Tapi tak berguna. :D

Memangnya dengan level 654 ini mau diapain? Screenshoot trus upload di Facebook? Karena itulah yang akan aku lakukan jika seandainya tulisan ini tak terpikirkan. Karena prestasi semacam ini adalah "Kepuasan Pribadi" yang tak akan bisa dimengerti oleh orang lain. Kecuali jika ada orang yang juga memainkan game ini sebelum akhirnya jenuh di level-level sebelum ini. Tapi ketika mereka melihat prestasi tentang level 654 ini juga gak ada ngaruh-ngaruhnya. Memangnya apa yang aku harapkan?

"Gila, jenius banget lu bro, bisa tembus sampe level segitu"

"Kurang kerjaan banget lu sob, maen game ini sampe segitunya"

Ya paling gitu-gitu aja.

Dan endingnya adalah, prestasi "Kepuasan Pribadi" tadi jadi gak berguna buat siapapun termasuk kita sendiri. Karena, kita mengharapkan "sesuatu" dari orang lain. "Kepuasan Pribadi" itu tak ternilai. Tak juga bisa dinilai oleh orang lain. Kita yang puas kok orang lain yang ngasih nilai? Kan absurd :)

Berarti yang perlu diperbaiki disini adalah "Orientasi".

Kita terlalu ber-orientasi kepada "Hasil". Padahal ini bukan pekerjaan. Ini adalah hoby. Seharusnya orientasi kita adalah "Proses". Karena ketika kita terlalu memikirkan bagaimana "Hasil" nya nanti, maka "Proses" pun akhirnya batal kita nikmati. Melakukan segala sesuatu terburu-buru, takut terlihat salah, harus selalu terlihat baik dimata orang lain.

Sedangkan jika orientasiku adalah "Proses", maka aku tak ingin proses ini segera menemukan "Hasil". Tak ingin game ini tamat. Karena ketika "Candy Crush Soda" tamat di level 700, berarti "Proses"  ku memainkan game ini dengan sangat menyenangkan hanya tinggal 46 level lagi. Tanpa sadar, dengan sendirinya aku membatasi hal-hal menyenangkan yang "sedang" aku lakukan.

Filosofi ini aku berlakukan juga untuk semua hal menyenangkan yang sedang aku lakukan. Aku bukanlah seorang Profesional Developer. Tapi seorang Penikmat Coding yang terlanjur dianggap Developer. Dan aku tak ingin membebani kesenangan ini dengan status "Developer", karena Developer berarti aku harus bisa membuat sesuatu. Sedangkan aku, hanya ingin ngoding. Ada hasilnya ataupun tidak.

I'm not developer. Not developer wannabe either. Just coder who coding anything. Anything that i can code.

dan, Cafelinux tidak akan lagi berorientasi pada trafik pengunjung. Karena itu beban. Aku akan menulis di Cafelinux karena aku suka melakukannya. Sesederhana itu. ^_^